INSPEKTORAT

Cibinong - Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menerima penghargaan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dikutip dari website resmi Kementerian PAN dan RB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, kabupaten/kota yang akuntabilitas kinerjanya baik meningkat, dari 23,91 pada tahun lalu menjadi 33,92 persen pada tahun ini. Nilai akuntabilitas kinerja rata-rata juga mengalami peningkatan, dari 40,54 persen menjadi 43 persen.

Dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) kabupaten/kota tahun 2013, empat pemda berhasil meraih nilai B, dan 150 meraih nilai CC. Pemda yang meraih predikat B, adalah Kota Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kabupaten Badung, dan Kota Manado. Sukabumi meraih nilai B untuk ketiga kalinya, sedangkan Sleman kali kedua, sedangkan Badung dan Manado berhasil naik kelas dari sebelumnya mendapat nilai CC.

Menteri menambahkan, setiap program dan kegiatan dari penyelenggara Negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. “Karena itu, setiap instansi pemerintah baik pusat maupun di daerah, wajib menyusun laporan keuangan yang dilengkapi laporan kinerja,” ujarnya dalam penyerahan penghargaan hasil evaluasi AKIP bagi pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (29/01).

Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh, pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap laporan AKIP tahun 2013 dari 451 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, hal itu ditangani bersama-sama dengan BPKP dan INSPEKTORAT Provinsi.

Ada 6 kelompok nilai, yakni AA (85 – 100), A (75 – 85), B (65 – 75), CC (50-65), C (30 – 50), dan D ( 0 – 30). “Tahun lalu baru ada dua yang meraih B, tahun ini menjadi 11 kabupaten/kota,” ujar Ateh. Dalam pemberian penghargaan ini, Pemerintah Kabupaten Bogor meraih nilai "CC" (Cukup Baik).

Sumber: www.menpan.go.id

INSPEKTORAT Kabupaten Bogor





Kalender Kegiatan

JAN
26
Bimtek Barang Jasa

Lokasi : Wisma Hijau-Cimanggis, Depok
OCT
03
Bimtek Reviu RKA

Lokasi : Aula Inspektorat Kabupaten Bogor
SEPT
28
Workshop Implementasi SIM-HP

Lokasi : Aula Inspektorat Kabupaten Bogor
SEPT
01
Integrity Assesment oleh KPK

Lokasi : Ruang Rapat Inspektur
SEPT
01
Monitoring Kapabilitas APIP Oleh BPKP

Yth. Satuan Tugas (SATGAS) Peningkatan Kapabilitas APIP Kabupaten…
Lokasi : Ruang Rapat Sekretaris Inspektorat

Materi Bimtek Barang/Jasa
Surat Edaran dan Formulir LHKASN
Materi Reviu RKA
Cuti Pegawai
2017 © INSPEKTORAT